Berita Otomotif

Apa Itu Uji Emisi & 5 Hal yang Memengaruhinya

Apa Itu Uji Emisi – Setiap mobil yang memiliki mesin pembakaran internal atau biasa disebut dengan combustion engine tentu saja dapat menghasilkan emisi. Untuk itu Pemerintah sebagai regulator telah membuat sebuah aturan terkait uji emisi. Namun, sudahkan kamu mengetahui apa itu uji emisi?

Proses pengujian emisi yang pertama kali dilakukan adalah di California, Amerika Serikat pada tahun 1966. Mulai dari saat itu, banyak negara bagian Amerika Serikat yang sudah mulai mewajikan pengujian ini untuk seluruh kendaraan. Apabila kendaraan gagal di dalam uji emisi, maka pemiliknya perlu melakukan perbaikan sebelum dilakukan pengujia ulang.

Apa Itu Uji Emisi?

Uji emisi adalah sebuah tes yang dilakukan kepada mobil untuk emngetahui tingkat polutan udara yang dikeluarkan melalui knalpotnya. Dari hasil yang diperoleh dari uji emisi ini, kamu dapat mengetahui apakah mobil tersebut memiliki polutan yang masih tergolong aman atau sudah sangat mencemari udara.

Pembacaat zat berbahaya dari knalpot sendiri tergantung dari alat uji emisinya. Penguijian emisi ini dapat mengerahui tingkat hidrokarbon, nitrogen oksida, karbon monoksida, karbon dioksida, dan juga emisi penguapan.

Hal yang Memengaruhi Uji Emisi

Walaupun mobil yang diuji sama dari sisi varian dan mesinnya, namun ternyata hasil emisinya bisa berbeda. Hal ini dikarenakan uji emisi ini dapat dipengaruhi berbagai kondisi pada setiap mobil yang berbeda-beda.

Mulai dari penggunaan bahan bakar, hingga perilaku berkendara yang dapat menimbulkan perbedaan hasil uji emisi tersebut. Berikut adalah beberapa hal yang dapat memengaruhi hasil uji emisi :

Related Post
  1. Usia Mobil
  2. Oktan dan kondisi bahan bakar
  3. Penggunaan catalytic converter
  4. Kondisi mesin mobil
  5. Jarang servis rutin

Jenis-jenis Polutan

Berikut adalah beberapa jenis polutan yang ada di dalam emisi sebuah mobil :

1. Karbon Dioksida (CO2)

Ketika seseorang mendengar tentang karbon dioksida, pasti akan berfikir bahwa ini adalah bukan sebuah polutan. Kebanyaka orang mengetahui bahwa karbon dioksida adalah bagian dari proses pembuatan oksigen vital.

Namun, ketika jumlah karbon dioksida yang dilepaskan melalui knalpot mobil meningkat secara drastis. Maka hal ini dapat berpotensi menjebak energi matahari sehingga memanaskan permukaan planet bumi.

2. Nitrogen Oksida (NOx)

Konsep hujan aam adalah sesuatu yang sering dikaitkan dengan wilayan industri. Namun ketika nitrogen dan juga oksigen tercampur, maka akan menciptakan berbagai senyawa yang beracun yang disebut dengan nitrogen oksida. Ketika nitrogen oksida ini beterbangan ke udara, maka akan menciptakan situasi yang memungkinkan terjadinya hujan asam beracun.

3. Karbon Monoksia (CO)

Karbon monoksida adalah salah satu senyawa yang beracun dan tercipta karena ketidaksempurnaan proses pembakaran. Ini adalah senyawa yang dapat memengaruhi aliran darah manusia dan dapat menyebabkan komplikasi bagi orang yang memiliki penyakit jantung.

Dan itu dia arti tentang uji emisi. Pada dasarnya uji emisi adalah usaha yang dilakukan untuk mengurangi pencemaran udara yang terjadi. Jadi, ketika hasil uji emisi tersebut keluar dan mobil melebihi ambang batas maksimal yang ditentukan, maka pemilik perlu segera memperbaikinya ke bengkel.

Postingan Terbaru

7 Tips Berkendara Saat Hujan Deras Agar Sampai Tujuan

Saat hujan deras, berkendara merupakan hal yang sangat berisiko tinggi. Hal ini dikarenakan jalanan yang…

26 Oktober 2022

Mobil Kabin Luas Lebih Disukai Para Ibu, Ini 3 Alasannya!

Mobil dengan kabin luas merupakan dambaan dari setiap Ibu-Ibu. Hal ini berbanding terbalik saat kamu…

25 Oktober 2022

Mau Service Mobil? Perhatikan 3 Hal Ini!

Service mobil merupakan kegiatan yang perlu dilakukan oleh setiap pemilik mobil. Tujuannya agar performa mobil…

24 Oktober 2022

Mengenal Water Repellent beserta Fungsinya!

Water repellent merupakan cairan untuk mencegah air menempel pada kaca mobil yang berbentuk seperti daun…

21 Oktober 2022

4 Cara Menghindari Resiko Flat Spot Pada Ban Mobil

Ban mobil merupakan salah satu komponen yang memiliki peran penting dalam menjaga keseimbangan suatu kendaraan.…

20 Oktober 2022

Apa Saja Sih Fungsi Spoiler Mobil?

Fungsi spoiler mobil adalah untuk menambah downforce atau tekanan ke bawah mobil. Hal ini tentu…

19 Oktober 2022