Tip Otomotif

5 Cara Membedakan Oli Mobil Asli dan Palsu

Membedakan Oli Mobil Asli dan Palsu – Tingginya angka penjualan mobil di Indonesia saat ini berimbas pada tingginya permintaan terhadap oli mesin. Kondisi ini disalahgunakan oleh beberapa oknum nakal untuk melakukan produksi masal pelumas palsu yang tentunya bisa merugikan konsumen dan juga nama merek dari pelumas yang dipalsukan.

Waktu penggantian oli mesin sendiri bisa dikatakan lebih cepat dibandingkan komponen lainnya, hal ini dikarenakan oli memiliki peran penting dalam mesin untuk bekerja secara berat sehingga mur oli pun dipastikan lebih pendek dan wajib dilakukan penggantian secara berkala.

Beredarnya oli palsu di pasaran memang sangat meresahkan pengguna kendaraan bermotor, hal ini karena dampak yang dihasilkan oleh oli palsu terhadap kendaraan adalah merusak komponen mesin. Jumlah oli palsu pun kini semakin meningkat, maka dari itu kita sebagai pemilik kendaraan perlu lebih teliti pada saat ingin membeli oli.

Cara Membedakan Oli Mobil Asli dan Palsu

Dikutip melalui laman resmi Detikoto, berikut di bawah ini adalah beberapa tips yang wajib kamu pahami sebelum melakukan pembelian oli agar bisa terhindar dari oli palsu yang menimbulkan risiko. Simak ulasan lengkapnya di bawah ini.

Cek Nomor Produksi

Pabrikan oli mesin tentu saja menggunakan nomor identifikasi yang letaknya ada di 2 tempat berbeda. Pertama ada pada tutup botol, kemudian satu lagi ada pada botol oli. Sebelum fix beli, silakan cek terlebih dahulu tutup botol dan juga botol olinya, kedua nomor ini biasanya sejajar dan juga harus sama persis. Apabila salah satu angka terdapat perbedaan, maka bisa dipastikan bahwa oli tersebut palsu.

Related Post

Cek Botol Oli

Produsen oli mobil palsu biasanya akan menggunakan botol bekas yang sudah digunakan agar tidak perlu lagi mengeluarkan biaya besar untuk mencetak botol baru. Sedangkan pabrikan oli mesin asli tentunya selalu menggunakan kemasan baru dan tidak akan pernah menggunakan botol kemasan daur ulang. Itulah ciri keaslian produknya.

Teknologi Tutup Botol

Pabrikan oli pelumas asli  biasanya sudah menggunakan teknologi terkini dan juga modern untuk proses pembuatan tutup botolnya. Cirinya bisa kamu lihat saat tutup botol ini dibuka dan hanya dapat digunakan satu kali saja. Apabila sudah dibuka maka tutup botol akan mengalami kerusakan. Hal ini tentunya dilakukan untuk mencegah oknum nakal untuk menggunakan kembali sebagai wadah dan tutup oli daur ulang.

Cek Label Pada Botol

Beberapa produsen oli mesin sudah menggunakan logo hologram dan juga kode unik untuk memberikan ciri keaslian dari produk masing-masing. Sementara untuk oli palsu, tentu saja logo kemasan biasanya menggunakan kualitas printing lebih rendah sehingga detail dan juga bahan label yang digunakan akan mudah dilihat bahwa produk adalah palsu.

Aroma dan Warna

Melihat perbedaan antara oli asli dan palsu yang terakhir bisa dengan aroma dan juga warnanya. Untuk oli asli sendiri biasanya memiliki warna bening dan tidak memiliki bau yang aneh. Sedangkan oli palsu biasanya memiliki bau gosong dan warnanyapun cenderung keruh.

Dan itu dia cara membedakan oli mobil asli dan palsu yang perlu kamu ketahui. Semoga bermanfaat.

Postingan ini diubah pada 4 Oktober 2021 16:58

Postingan Terbaru

7 Tips Berkendara Saat Hujan Deras Agar Sampai Tujuan

Saat hujan deras, berkendara merupakan hal yang sangat berisiko tinggi. Hal ini dikarenakan jalanan yang…

26 Oktober 2022

Mobil Kabin Luas Lebih Disukai Para Ibu, Ini 3 Alasannya!

Mobil dengan kabin luas merupakan dambaan dari setiap Ibu-Ibu. Hal ini berbanding terbalik saat kamu…

25 Oktober 2022

Mau Service Mobil? Perhatikan 3 Hal Ini!

Service mobil merupakan kegiatan yang perlu dilakukan oleh setiap pemilik mobil. Tujuannya agar performa mobil…

24 Oktober 2022

Mengenal Water Repellent beserta Fungsinya!

Water repellent merupakan cairan untuk mencegah air menempel pada kaca mobil yang berbentuk seperti daun…

21 Oktober 2022

4 Cara Menghindari Resiko Flat Spot Pada Ban Mobil

Ban mobil merupakan salah satu komponen yang memiliki peran penting dalam menjaga keseimbangan suatu kendaraan.…

20 Oktober 2022

Apa Saja Sih Fungsi Spoiler Mobil?

Fungsi spoiler mobil adalah untuk menambah downforce atau tekanan ke bawah mobil. Hal ini tentu…

19 Oktober 2022