Berita Otomotif

3 Penyebab Rem Mobil Keras

Penyebab Rem Mobil Keras – Rem mobil merupakan salah satu komponen yang penting pada sebuah mobil, maka dari itu kamu perlu ketahui mengapa rem mobil keras.  Jika suda mengetahui penyebabnya, kamu juga perlu cari solusi yang tepat untuk mengatasinya. Pastinya dengan pengecekan secara rutin dan berkala kamu bisa mengetahui keadaan kondisi rem pada mobil kamu.

Penyebab Rem mobil Keras

Untuk kamu yang sudah biasa menyetir mobil pasti akan mudah merasakan jika pedal rem terasa lebih keras ketika diinjak. Jangan sampai kamu menganggap sepele ketika kamu sudah merasakan pedal remnya keras. Sebab, bisa mempengaruhi tingkat keamanan kamu selama berkendara.

Tidak perlu bingung, kamu bisa lihat beberapa hal yang dapat menyebabkan rem mobil menjadi keras berikut ini.

Related Post

1. Periksa Bagian Booster Rem

Perlu kamu ketahui, biasanya penyebab rem mobil keras adalah booster rem yang sudah aus. Hal ini terjadi karena booster rem sudah melewati waktu pemakaian yang sudah lama. Jika memang sudah aus, segeralah kamu ganti dengan booster rem yang baru.

2. Periksa Bagian Kampas Rem

Selain booster rem, bagian yang biasanya menyebabkan pedal rem menjadi keras adalah bagian kampas remnya. Jika ada masalah pada kampas rem atau mulai sudah menipis, sebaiknya segera kamu ganti dengan yang baru. Sebab, kampas rem mempengaruhi pakemnya rem sebuah mobil.

3. Periksa Bagian Minyak Rem

Bagian yang perlu kamu periksa selanjutnya adalah minyak remnya karena volume minyak rem akan terus berkurang selama pemakaian. Jika sudah mulai berkurang atau warna minyak rem sudah mulai berubah, sebagiknya segera kamu ganti.

Cara Melakukan Pengecekan Rem Mobil Keras

Ketika kamu merasakan ada hal yang aneh seperti pedal mobil yang keras, kamu harus melakukan pengecekan lebih lanjut. Kamu perlu melakukan pengecekannya tersebut secara berkala agar kamu bisa mengetahui apakah fungsi rem masih berjalan secara optimal. Inilah beberapa langkah yang bisa kamu lakukan untuk mengecek kondisi rem mobil keras.

  • Pertama, kamu bisa matikan mesin mobil lalu injak dan lepaskan pedal rem dalam beberapa kali untuk memastikan posisi pedalnya, kemudian biarkan kaki kamu tetap menginjak pedal rem.
  • Selanjutnya, hidupkan mesin mobil kamu dan kamu bisa rasakan bagaimana kondisi pedal rem tersebut. Saat kamu merasakan ada getaran atau bunyi yang tidak normal saat pedal rem yang diinjak, itulah tanda bahwa permukaan disk brake sudah tidak lagi rata dan perlu diperbaiki.
  • Terakhir, apabila kamu menemukan bau seperti hangus ketika menginjak pedal rem, merupakan salah satu tanda adanya kebocoran pada bagian kalipernya dan perlu di perbaiki secepatnya.

Postingan Terbaru

7 Tips Berkendara Saat Hujan Deras Agar Sampai Tujuan

Saat hujan deras, berkendara merupakan hal yang sangat berisiko tinggi. Hal ini dikarenakan jalanan yang…

26 Oktober 2022

Mobil Kabin Luas Lebih Disukai Para Ibu, Ini 3 Alasannya!

Mobil dengan kabin luas merupakan dambaan dari setiap Ibu-Ibu. Hal ini berbanding terbalik saat kamu…

25 Oktober 2022

Mau Service Mobil? Perhatikan 3 Hal Ini!

Service mobil merupakan kegiatan yang perlu dilakukan oleh setiap pemilik mobil. Tujuannya agar performa mobil…

24 Oktober 2022

Mengenal Water Repellent beserta Fungsinya!

Water repellent merupakan cairan untuk mencegah air menempel pada kaca mobil yang berbentuk seperti daun…

21 Oktober 2022

4 Cara Menghindari Resiko Flat Spot Pada Ban Mobil

Ban mobil merupakan salah satu komponen yang memiliki peran penting dalam menjaga keseimbangan suatu kendaraan.…

20 Oktober 2022

Apa Saja Sih Fungsi Spoiler Mobil?

Fungsi spoiler mobil adalah untuk menambah downforce atau tekanan ke bawah mobil. Hal ini tentu…

19 Oktober 2022