3 Cara Memilih Ban Mobil Bekas

Ban merupakan salah satu komponen yang sangat penting bagi kendaraan yang perlu perhatian lebih setiap saat. Dan jika kondisinya sudah mulai tidak layak, maka pemilik bisa mengganti ban kendaraannya dengan cara memilih ban mobil bekas ataupun juga membeli dengan kondisi baru.

Cara Memilih Ban Mobil Bekas

Ban bekas banyak dipilih karena memang harganya yang lebih miring. Namun ketika memilih ban bekas, konsumen perlu memilih dengan cermat agar bisa mendapatkan ban bekas dengan kualitas yang masih baik. Untuk itu, berikut ini beberapa tips yang bisa kamu gunakan untuk memilih ban bekas dengan baik dan juga benar. Ulasannya bisa kamu simak di bawah ini :

Lihat Secara Fisik

Langkah pertama untuk kamu ketika memilih ban bekas adalah dengan cara melihat tampilan fisiknya. Pastikan alur dan serat komponnya tidak memiliki kerusakankan. Sebab jika hal tersebut terjadi maka akan mengakibatkan ban menjadi tidak stabil ketika diisi oleh angin.

Selain itu kamu juga harus memperhatikan kondisi dari ban bekas tersebut. Ban sendiri memiliki struktur utama dari serat-serat kawat yang biasa disebut dengan belt. Fungsi dari belt ini adalah untuk membuat ban tetap berbentuk bulat sehingga bisa bergulir dengan halus dan baik.

Untuk mengeceknya sendiri tidak bisa dilakukan secara langsung. Kamu perlu memasang ban tersebut ke dalam pelek mobil lalu diputar untuk mengetahui ada kerusakan pada struktur ban bekas atau tidak.

Postingan Terkait

Hindari Ban Rekondisi atau Vulkanisir

Ban vulkanisir atau bisa disebut dengan ban rekondisi adalah ban yang sudah gundul namun diperbaiki kembali alurnya sehingga memiliki tampilan seperti ban baru. Membeli ban ini memang bisa dibilang hemat, karena memang harganya juga murah. Namun ban Vulkanisir juga memiliki banyak kelemahan, sebut saja seperti mudah kempis bahkan meletus.

Hal tersebut terjadi karena ban vulkanisir merupakan ban yang dilapisi karet pelapis tambahan dengan melalui proses peanasan sehingga bisa menyatu dan tampak seperti keluaran dari pabrik. Ban Vulkanisir juga tidak tahan dengan panas, dan juga lapisannya akan mudah lepas.

Untuk membedakan ban yang kamu beli itu vulkanisir atau bukan bisa dilakukan dengan secara kasat mata. Yaitu dengan melihatnya dari samping, jika kembang dari ban tampak tidak menyatu. Maka bisa dipastikan ban tersebut adalah vulkanisir. Dan juga cara lainnya adalah dengan melihat sebuah garis tipis seperti karet tempelan yang telah disatukan. Dan soal harga, harga ban Vulkanisir jauh lebih murah dibandingkan dengan ban asli walaupun bekas.

Melihat Umur Ban

Untuk memperkirakan umur ban, kamu bisa melihat kode di dinding ban. Kode tersebut bisa mengetahui tahun produksi dan hal-hal menyangkut informasi ban tersebut. Biasanya, umur dari ban mobil itu 3 tahun setelah produksi, dan ketika ban sudah menempuh jarak sekitar 40.000 km.

Dan itu dia tips bagaimana cara memilih ban mobil bekas dengan baik dan juga layak pakai. kamu bisa membeli ban mobil bekas terbaik di Bursa Velg Second. Semoga bermanfaat.

Postingan Terbaru

15 Harga Mobil Volvo Terlengkap 2020

Harga Mobil Volvo - Negara produsen otomotif khususnya mobil yang mungkin sering kita ketahui adalah…

1 hari lalu

Daftar Mobil Terlaris Bulan Agustus 2020

Daftar Mobil Terlaris Bulan Agustus 2020 - Produsen mobil dari berbagai macam Negara sudah datang…

1 hari lalu

35 Harga Mobil Mercedes Benz Lengkap 2020

Harga Mobil Mercedes Benz - Mercedes Benz, siapa yang tak mengetahui salah satu brand otomotif…

1 hari lalu

“Karpet Maut” Penyebab Kecelakaan yang Sering Diabaikan

Karpet Maut - Kecelakaan mobil di jalan masih sangat sering terjadi, kecelakaan - kecelakaan tersebut…

1 hari lalu

Harga Mobil Tesla Terbaru 2020

Harga Mobil Tesla Terbaru - Mungkin saat ini sudah banyak yang mengetahui mobil Tesla ini.…

3 hari lalu

Harga Ban Mobil Dunlop Ring 14 Terlengkap

Harga Ban Mobil Dunlop Ring 14 - Berbicara mengenai sejarah Dunlop memang cukup panjang. Dunlop…

3 hari lalu