Kategori: Tip Otomotif

5 Tips Ketahui Masa Pakai Ban Mobil

5 Tips Ketahui Masa Pakai Ban Mobil – Ban adalah salah satu komponen penting yang terdapat pada mobil, ban menjadi alas antara mobil dan juga aspal. Traksi mobil sangat tergantung dengan kondisi ban mobil yang harus prima, sehingga komponen ini menjadi sangat krusial. Ban juga menjadi peran penting dalam menjaga keamanan dan kenyamanan penumpangnya. Maka dari itu, pemilik perlu mengetahui masa pakai ban mobil masing-masing.

Inilah Masa Pakai Ban Mobil

Sebagai pemilik kendaraan, kamu harus selalu memperhatikan kondisi ban mobil kamu. Jika telat mengganti ban mobil, bisa jadi nyawa menjadi taruhannya. Namun, kapan sebaiknya ban mobil harus diganti? Berikut beberapa hal yang harus diperhatikan sebagai penanda apakah ban mobil kamu masih layak dijalankan atau tidak.

Ban Berumur 3 Tahun Lebih

Ban mobil memiliki bahan utama sebuah karet yang elastis. Kelenturannya akan berubah dengan seiring waktu berjalan. Semakin lama, maka karet akan semakin berkurang tingkat elastisitasnya. Sampai akhirnya akan ban tersebut akan menjadi getas ketika kelenturannya sudah hilang sama sekali. Untuk mengantisipasi hal tersebut terjadi, usia ideal untuk ban adalah 3 tahun. Maka jika sudah sampai waktunya, kamu perlu mengganti ban tersebut secepat mungkin.

Walaupun kembangnya masih tebal karena jarang digunakan, namun ban yang sudah lebih dari 3 tahun biasanya sudah mengeras dan sudah tidak lentur lagi. Sehingga ban tak lagi nyaman untuk dipakai.

Jarak Tempuh Sudah 40.000 km

Meskipun usia ban belum sampai 3 tahum ban juga direkomendasikan untuk diganti apabila sudah menempuh jarak sejauh 40 ribu kilometer. Walaupun kelenturan masih bisa dikatakan bagus, namun ban yang sudah menempuh jarak jauh akan mengalami keausan pada ban.

Postingan Terkait

Ketebalan Ban Sudah Mencapai Batas TWI

Setiap ban mobil memiliki indikasi TWI (Tread Wear Indicator). TWI sendiri adalah batas keausan ban yang telah diizinkan untuk tetap dipakai. Jika kembang ban sudah menyentuh segitiga TWI, maka segera ganti ban tersebut.

Ban Gundul

Selain kondisi yang sudah disebutkan sebelumya, ada kondisi lain yang menyebabkan ban mobil harus secepatnya diganti. Yaitu ban gundul. Walaupun hanya pada bagian tengah ban saja yang gundul, sedangkan bagian tepinya masih bagus, sebaiknya tetap harus diganti.

Kamu tidak perlu menunggu bagian lain gundul dahulu, karena keselamatan kamu lebih utama dibandingkan urusan lainnya.

Ban Muncul Benjolan

Benjolan yang terjadi pada ban juga menandakan bahwa ban tersebut harus segera diganti. Benjolan tersebut pertanda adanya anyaman benang atau kawat penguat ban yang putus. Jika benjolan tersebut muncul, itu artinya ketahanan ban sudah tidak lagi sama. Nantinya ban akan mudah pecah karena ada beberapa bagian yang tidak lagi kuat untuk menahan tekanan udara. Itulah pembahasan mengenai masa pakai ban mobil, jika kamu berminat untuk membeli ban mobil baru maupun bekas, kamu  bisa mendapatkannya di Instagram Bursa Velg Second atau via website bursavelgsecond.com.

Postingan Terbaru

15 Harga Mobil Volvo Terlengkap 2020

Harga Mobil Volvo - Negara produsen otomotif khususnya mobil yang mungkin sering kita ketahui adalah…

2 hari lalu

Daftar Mobil Terlaris Bulan Agustus 2020

Daftar Mobil Terlaris Bulan Agustus 2020 - Produsen mobil dari berbagai macam Negara sudah datang…

2 hari lalu

35 Harga Mobil Mercedes Benz Lengkap 2020

Harga Mobil Mercedes Benz - Mercedes Benz, siapa yang tak mengetahui salah satu brand otomotif…

2 hari lalu

“Karpet Maut” Penyebab Kecelakaan yang Sering Diabaikan

Karpet Maut - Kecelakaan mobil di jalan masih sangat sering terjadi, kecelakaan - kecelakaan tersebut…

2 hari lalu

Harga Mobil Tesla Terbaru 2020

Harga Mobil Tesla Terbaru - Mungkin saat ini sudah banyak yang mengetahui mobil Tesla ini.…

4 hari lalu

Harga Ban Mobil Dunlop Ring 14 Terlengkap

Harga Ban Mobil Dunlop Ring 14 - Berbicara mengenai sejarah Dunlop memang cukup panjang. Dunlop…

4 hari lalu