Berita Otomotif

5 Jenis Jok Mobil yang Perlu Diketahui

Jenis Jok Mobil – Jok mobil standar pabrikan memang sudah dirancang sesuai dengan aspek kenyamanan dan keselamatan saat berkendara. Namun untuk para pecinta modifikasi, jok standar bukanlah hal yang cukup. Sehingga untuk memberikan nuansa interior yang nyaman, beberapa modifikator melakukan ubahan di beberapa bagian interior, termasuk salah satunya adalah jok mobil.

Umumnya, jok mobil ini menjadi salah satu komponen yang mudah dimodifikasi . Sebut saja seperti mengganti kain jok sarung, menambah busa agar lebih proporsional, hingga mengganti material bahan pelapis secara penuh.

Sesuai perkembangan teknologi saat ini, jok mobil terdiri dari berbagai model yang ada di beberapa mobil. Komponen yang bekerja untuk sektor kenyamanan ini juga mengalami penyesuaian dengan spek mobil tertentu. Untuk mengetahui lebih lengkap mengenai jenis jok mobil yang ada di pasaran, silakan simak ulasannya berikut ini.

Jenis Jok Mobil yang Perlu Diketahui

1. Standard Seat

Saat mobil baru keluar dari pabrik, model jok standar biasanya dibuat tiga baris bagi mobil jenis sedan, MPV, dan SUV. Konfigurasi jok mobil ini terdiri dari dua kursi di bagian depan, bench seat di baris kedua yang mampu menampung 3 orang, dan bench seat di baris ketiga.

Biasanya, jenis jok mobil standar ini tampilannya cukup monoton alias begitu-begitu saja. Walaupun memang ada beberapa yang tampilannya terbaru dan cukup berkonsep, namun itu hanya ada pada beberapa unit kendaraan saja.

Untuk standard seat ini didesain dengan ergonomi mengikuti tubuh pengemudi dan penumpang. Dan setiap pabrikan kendaraan saling beradu teknologi yang disematkan pada jok mobilnya. Entah itu mulai dari jok standar yang bersuspensi, electronic seat, hingga fitur memory seat yang bisa menyimpan posisi duduk seseorang. Bahkan ada juga jok mobil standar yang dilengkapi dengan fitur pijat.

Related Post

2. Captain Seat

Model jok captain seat ini biasanya memiliki desain seperti bucket seat yang sudah disematkan fitur kenyamanan mumpuni. Biasanya, jenis jok mobil ini ditempatkan di baris kedua atau ketiga. Kelebihan captain seat sendiri tentu lebih nyaman dan ergonomic karena sandaran tubuh ditopang arm rest atau head rest.

Selain itu, jenis captain seat ini juga terdapat meja kecil yang dapat dilipat untuk kebutuhan makan dan sebagainya. Bantalan jok juga lebar guna menunjang kenyamanan selama melakukan perjalanan. Dengan menggunakan jenis jok captain seat, maka kesan eksklusif pun akan menempel pada mobil kesayangan.

3. Bucket Seat

Jok jenis ini banyak ditemui pada kabin mobil balap, jok ini memiliki kelebihan dari segi rigiditas serta bisa memangkas bobot mobil di bagian kabin. Untuk kancah motorsport sendiri jok jenis ini memiliki spesifikasi dengan memiliki bentuk sesuai dengan ukuran pengemudi. Kondisi ini tentu saja dapat meningkatkan sisi keselamatan bagi penumpang di dalam mobil.

Biasanya jenis jok yang satu ini hanya ditempatkan di baris depan saja alias untuk kursi driver dan co-driver. Jok mobil yang satu ini juga dibuat dengan bahan ringan seperti fiberglass atau serat karbon untuk mereduksi bobot mobil. Terlebih, sejumlah segmen mobil sport dan juga premium sudah menggunakan bucket seat ini langsung dari pabrikannya.

4. Semi Bucket Seat

Jok semi bucket ini bisa kamu dapatkan di pasaran karena sudah hadir dalam versi aftermarketnya. Untuk kebutuhan mobil harian pun bisa memperoleh satu paket dengan seat belt tiga titik. Yang menjadi pembeda ada di bagian kupingan yang didesain lebih nyaman.

5. Split Bench Seat

Jika melihat desain interior mobil 1960-an, jok jenis ini biasanya terpasang pada baris pertama. Asalkan posisi tuas persneling dan rem tangan ada di dekat setir kemudi, ini dibutuhkan karena konsol tengah akan tertutup oleh jok.

Jenis split bench seat ini memiliki tata letak pada kursi menjadi dua atau tiga bagian dengan konfigurasi 40-20-40 alias terdapat 3 baris tempat duduk yang terpisah. Angka tersebut mengacu pada perkiraan presentase bahwa setiap kursi menempati kendaraan. Jok kecil di bagian tengah hanya menempati 20% ruangan, sedangkan untuk kursi pengemudi dan penumpang lebih lebar.

Postingan Terbaru

7 Tips Berkendara Saat Hujan Deras Agar Sampai Tujuan

Saat hujan deras, berkendara merupakan hal yang sangat berisiko tinggi. Hal ini dikarenakan jalanan yang…

26 Oktober 2022

Mobil Kabin Luas Lebih Disukai Para Ibu, Ini 3 Alasannya!

Mobil dengan kabin luas merupakan dambaan dari setiap Ibu-Ibu. Hal ini berbanding terbalik saat kamu…

25 Oktober 2022

Mau Service Mobil? Perhatikan 3 Hal Ini!

Service mobil merupakan kegiatan yang perlu dilakukan oleh setiap pemilik mobil. Tujuannya agar performa mobil…

24 Oktober 2022

Mengenal Water Repellent beserta Fungsinya!

Water repellent merupakan cairan untuk mencegah air menempel pada kaca mobil yang berbentuk seperti daun…

21 Oktober 2022

4 Cara Menghindari Resiko Flat Spot Pada Ban Mobil

Ban mobil merupakan salah satu komponen yang memiliki peran penting dalam menjaga keseimbangan suatu kendaraan.…

20 Oktober 2022

Apa Saja Sih Fungsi Spoiler Mobil?

Fungsi spoiler mobil adalah untuk menambah downforce atau tekanan ke bawah mobil. Hal ini tentu…

19 Oktober 2022