Tip Otomotif

5 Larangan Saat Berkendara, Jangan Dilakukan Demi Keselamatan

Larangan Saat Berkendara – Sebagai pemilik sekaligus pengendara mobil, kamu diwajibkan untuk mematuhi peraturan ataupun rambu lalu lintas. Hal ini dilakukan demi keamanan penumpang pada saat berkendara. Selain mematuhi peraturan atau rambu, ada beberapa hal yang harus kamu perhatikan juga. Diantaranya adalah :

5 Larangan Saat Berkendara

1. Makan Ketika Mengemudi

Mengemudi sembari makan adalah salah satu tindakan yang berbahaya dan bisa menyebabkan hal yang tidak diinginkan terjadi. Hal ini dikarenakan makan pada saat berkendara akan membuat fokus pengendara berkurang. Maka dari itu, sangat disarankan untuk menepi dahulu untuk makan dan menghabiskannya. Dan setelah itu dipersilakan melanjutkan perjalanan kembali.

2. Bermain Smartphone

Untuk saat ini, penggunaan telepon genggam atau smartphone pada saat berkendara adalah hal yang sangat dilarang dan bisa dijerat UU No. 22 tahun 2009, pasal 106 ayat 1 tentang pengemudi wajib mengendarai kendaraan dengan penuh konsentrasi. Ketika pengemudi melanggar, akan dijerat dengan denda maksimal Rp 750.000,- dan kurangan penjara 3 bulan seperti yang tertulis pada pasal 283 UU.

Maka dari itu, berkendaralah dengan fokus ke jalan dan hindari penggunaan smartphone untuk keamanan dan keselamatan bersama. Apabila ada hal darurat dan membutuhkan smartphone, ada baiknya pinggirkan dahulu mobil di tempat yang aman lalu silakan gunakan smartphone dengan santai.

Related Post

3. Mengemudi Dalam Kondisi Ngantuk

Apabila rasa kantuk sudah mulai muncul, maka ada baiknya jangan memaksakan diri untuk melanjutkan perjalanan. Hal ini dikarenakan bisa membahayakan diri sendiri dan juga pengguna jalan lainnya. Kondisi ngantuk seperti ini bisa membuat kamu sulit untuk konsentrasi dan bereaksi terhadap apapun di jalan rata.

Ketika gejala ngantuk sudah dirasakan, maka segera berhentu sebentar di pinggir jalan atau rest area yang ada. Regangkan tubuh, cuci muka, atau jika diperlukan tidurlah sebentar untuk menyegarkan kembali kondisi tubuh.

4. Bercanda pada Saat Mengemudi

Untuk kamu yang masih pemula ataupun sudah expert dalam mengemudi mobil sangat tidak disarankan untuk bercanda secara berlebihan pada saat mengemudi. Terlebih sampai tertawa terbahak-bahak yang bisa memengaruhi respon seseorang dalam mengendalikan mobil.

5. Menggunakan Make-up

Menggunakan make-up ketika sedang mengemudi atau menunggu lampu merah adalah salah satu kebiasaan yang sering dilakukan oleh pengemudi wanita. Hal tersebut sebenarnya tidak disarankan untuk dilakukan di jalan raya, karena akan membuat konsentrasi pengemudi akan buyar dan tentunya membahayakan pengemudi itu sendiri dan pengguna jalan lainnya.

Demikian 5 hal yang harus kamu hindari pada saat berkendara di jalanan, semoga pengendara kaum remaja atau kalangan dewasa bisa lebih sadar tentang pentingnya fokus pada saat berkendara. Hal tersebut tentunya berguna tidak hanya untuk diri sendiri, melainkan untuk keselamatan bersama.

Postingan Terbaru

7 Tips Berkendara Saat Hujan Deras Agar Sampai Tujuan

Saat hujan deras, berkendara merupakan hal yang sangat berisiko tinggi. Hal ini dikarenakan jalanan yang…

26 Oktober 2022

Mobil Kabin Luas Lebih Disukai Para Ibu, Ini 3 Alasannya!

Mobil dengan kabin luas merupakan dambaan dari setiap Ibu-Ibu. Hal ini berbanding terbalik saat kamu…

25 Oktober 2022

Mau Service Mobil? Perhatikan 3 Hal Ini!

Service mobil merupakan kegiatan yang perlu dilakukan oleh setiap pemilik mobil. Tujuannya agar performa mobil…

24 Oktober 2022

Mengenal Water Repellent beserta Fungsinya!

Water repellent merupakan cairan untuk mencegah air menempel pada kaca mobil yang berbentuk seperti daun…

21 Oktober 2022

4 Cara Menghindari Resiko Flat Spot Pada Ban Mobil

Ban mobil merupakan salah satu komponen yang memiliki peran penting dalam menjaga keseimbangan suatu kendaraan.…

20 Oktober 2022

Apa Saja Sih Fungsi Spoiler Mobil?

Fungsi spoiler mobil adalah untuk menambah downforce atau tekanan ke bawah mobil. Hal ini tentu…

19 Oktober 2022