Berita Otomotif

Apa Saja Sih Fungsi Spoiler Mobil?

Fungsi spoiler mobil adalah untuk menambah downforce atau tekanan ke bawah mobil. Hal ini tentu berguna untuk mengurangi gaya angkat yang timbul karena laju kendaraan tinggi. Selain itu, spoiler mobil juga merupakan salah satu komponen yang memiliki pengaruh terhadap aerodinamika mobil. Komponen ini biasanya dijumpai pada jenis mobil sedan, hatchback, maupun minibus.

Selain berfungsi untuk membuat mobil menjadi lebih aerodinamis, komponen ini juga memiliki fungsi lainnya yang tentunya jarang diketahui oleh para pemilik mobil. Oleh karenanya, pada artikel kali ini, Bursa Velg akan memberitahu kamu mengenai fungsi spoiler mobil. Simak artikel di bawah ini sampai habis ya sobat bursa!

Baca Juga: Tidak Sama, Ini Perbedaan Spoiler dan Wing

3 Fungsi Spoiler Mobil

Spoiler merupakan komponen mobil yang jarang diketahui oleh para pemilik mobil. Padahal komponen ini memegang peran penting saat berkendara. Oleh karena itu, penting sekali untuk mengetahui fungsi spoiler mobil. Berikut ini fungsinya:

1. Membersihkan Kotoran Atau Debu Dari Belakang

Fungsi spoiler mobil yang pertama adalah membersihkan kotoran atau debu dari belakang mobil terutama pada mobil hatchback. Kotoran atau debu dapat disebabkan karena adanya turbulensi udara di area belakang. Sehingga membuat banyak debu atau kotoran bertebaran.

Related Post

Namun dengan adanya spoiler bisa membersihkan debu-debu atau kotoran yang menempel pada bagian kaca mobil belakang. Karena kotoran tadi yang dihalangi oleh spoiler.

2. Meningkatkan Pengendalian Mobil

Kendaraan yang melaju dengan kecepatan tinggi akan membuat bodi mobil menjadi limbung dan daya angkat semakin tinggi. Apabila pengemudi tidak memegang setir dengan kuat letika terpaan angin kencang menerjang maka akan membuat mobil menjadi oleng dan sulit untuk dikendalikan.

Dengan memasang spoiler pada bagian atap atau belakang mobil, akan membuat lebih stabil saat kecepatan tinggi. Hal ini disebabkan karena spoiler memberikan gaya tekanan ke bawah untuk melawan gaya angkat. Sehingga mobil menjadi lebih mudah dikendalikan.

3. Mobil Menjadi Lebih Aerodinamis

Pemakaian spoiler pada mobil tidak hanya membuat kendaraan menjadi lebih sporty namun juga bisa menjadikan kendaraan lebih aerodinamis. Lekuk-lekukan yang ada pada spoiler mobil bisa membuat kendaraan semakin lebih stabil saat kecepatan tinggi.

Selain itu, spoiler mobil juga bisa mengurangi gejala melayang ketika mobil melaju dalam kecepatan tinggi. Apalagi jika mobil tersebut merupakan mobil ringan maka akan dengan mudahnya melayang saat pengemudi tidak bisa memegang setir dengan kuat.

Kesimpulan

Berdasarkan artikel di atas dapat disimpulkan bahwa fungsi spoiler mobil adalah untuk mengendalikan keseimbangan mobil terutama saat mobil melaju dalam kecepatan tinggi. Hal ini disebabkan karena spoiler mobil memberikan gaya tekanan ke bawah untuk melawan gaya angkat. Sehingga mobil menjadi lebih mudah dikendalikan. Biasanya komponen ini ada mobil hatchback, sedan, dan minibus.

Postingan ini diubah pada 20 Oktober 2022 13:45

Postingan Terbaru

7 Tips Berkendara Saat Hujan Deras Agar Sampai Tujuan

Saat hujan deras, berkendara merupakan hal yang sangat berisiko tinggi. Hal ini dikarenakan jalanan yang…

26 Oktober 2022

Mobil Kabin Luas Lebih Disukai Para Ibu, Ini 3 Alasannya!

Mobil dengan kabin luas merupakan dambaan dari setiap Ibu-Ibu. Hal ini berbanding terbalik saat kamu…

25 Oktober 2022

Mau Service Mobil? Perhatikan 3 Hal Ini!

Service mobil merupakan kegiatan yang perlu dilakukan oleh setiap pemilik mobil. Tujuannya agar performa mobil…

24 Oktober 2022

Mengenal Water Repellent beserta Fungsinya!

Water repellent merupakan cairan untuk mencegah air menempel pada kaca mobil yang berbentuk seperti daun…

21 Oktober 2022

4 Cara Menghindari Resiko Flat Spot Pada Ban Mobil

Ban mobil merupakan salah satu komponen yang memiliki peran penting dalam menjaga keseimbangan suatu kendaraan.…

20 Oktober 2022

Apa Benar Velg 2 Piece Mudah Penyok Untuk Harian?

Velg mobil merupakan komponen yang terletak di kaki-kaki mobil. Komponen ini selain untuk menjaga performa…

18 Oktober 2022