Berita Otomotif

Cara Cek Pajak Kendaraan Secara Online

Cara Cek Pajak Kendaraan – Melakukan pembayaran pajak kendaraan adalah sebuah kewajiban bagi seluruh orang yang memiliki kendaraan bermotor. Sebelum kamu melakukan pembayaran pajak mobil kesayangan, maka sebaiknya cek terlebih dahulu jumlah besaran pajak yang perlu kamu bayarkan. Untuk saat ini cara cek pajak kendaraan bermotor sudah sangat mudah untuk dilakukan. Kamu tak perlu lagi mengunjungi samsat secara langsung, karena kini untuk mengecek pajak kendaraan bisa kamu lakukan secara online. Baik itu melalui website ataupun aplikasi resmi dari Samsat Nasional.

Cara Cek Pajak Kendaraan Melalui Website

Cara mengcek pajak kendaraan yang pertama secara online adalah melalui website dengan mengunjungi laman resmi layanan pajak yang sudah terdafar. Biasanya laman resmi tersebut dibuat secara resmi berdasarkan provinsinya masing-masing. Dan berikut di bawah ini adalah daftar beberapa provinsi yang sudah memiliki layanan resmi pengecekan pajak secara online malalui website. Untuk daftar lengkapnya bisa kamu simak di bawah ini :

Related Post

Untuk bisa menggunakan layanan website di atas, kamu hanya perlu memasukkan nomor kendaraan bermotor serta NIK sebelum mendapatkan informasi pajak kendaraan kamu. Dan untuk kamu yang berada di luar provinsi di atas, maka untuk pengecekan pajak kendaraan serta pembayaran belum tersedia untuk layanan onlinenya. Maka dari itu kamu perlu melakukan pembayaran secara langsung dengan mendatangi kantor samsat terdekat.

Cek Pajak Kendaraan Melalui Aplikasi Resmi Samsat Nasional

Pengecekan pajak kendaraan juga bisa dilakukan menggunakan aplikasi Samsat Online Nasional atau e-Samsat. Aplikasi ini adalah layanan jaringan elektronik yang diselenggarakan oleh Tim Pembina Samsat Nasional mengikuti aturan berdasarkan perundang-undangan Republik Indonesia untuk pembayaran tahunan secara online Pajak Kendaraan Bermotor (PKB).

Pada aplikasi ini, kamu mampu mendapat informasi seputar besaran PKB dan SWDKLLJ kendaraan yang berkaitan tentang besaran pajak kendaraan. Untuk bisa digunakan, kamu perlu mengunduh aplikasinya terlebih dahulu, lalu masukkan data diri serta kendaraannya.

Postingan Terbaru

7 Tips Berkendara Saat Hujan Deras Agar Sampai Tujuan

Saat hujan deras, berkendara merupakan hal yang sangat berisiko tinggi. Hal ini dikarenakan jalanan yang…

26 Oktober 2022

Mobil Kabin Luas Lebih Disukai Para Ibu, Ini 3 Alasannya!

Mobil dengan kabin luas merupakan dambaan dari setiap Ibu-Ibu. Hal ini berbanding terbalik saat kamu…

25 Oktober 2022

Mau Service Mobil? Perhatikan 3 Hal Ini!

Service mobil merupakan kegiatan yang perlu dilakukan oleh setiap pemilik mobil. Tujuannya agar performa mobil…

24 Oktober 2022

Mengenal Water Repellent beserta Fungsinya!

Water repellent merupakan cairan untuk mencegah air menempel pada kaca mobil yang berbentuk seperti daun…

21 Oktober 2022

4 Cara Menghindari Resiko Flat Spot Pada Ban Mobil

Ban mobil merupakan salah satu komponen yang memiliki peran penting dalam menjaga keseimbangan suatu kendaraan.…

20 Oktober 2022

Apa Saja Sih Fungsi Spoiler Mobil?

Fungsi spoiler mobil adalah untuk menambah downforce atau tekanan ke bawah mobil. Hal ini tentu…

19 Oktober 2022