Berita Otomotif

Cara Merawat Ban Serep dengan Benar dan Tepat

Cara Merawat Ban Serep – Ban serep atau ban mobil cadangan memang sering luput dari perhatian para pemilik kendaraan. Padahal apabila dibutuhkan, ban cadangan harus selalu dalam kondisi yang prima. Misalnya di jalan ban mobil tiba-tiba kempis, maka kamu perlu menggantinya dengan ban mobil serep ini.

Untuk mengetahui cara merawat ban serep sendiri tidak terlalu sulit. Untuk ban mobil serep biasanya diletakkan di kolong mobil, bagasi, dan juga di pintu belakang mobil. Nah, untuk ban serep yang peletakannya ada di kolong mobil ini biasanya dalam kondisi paling mudah kotor dan tentu saja jarang dibersihkan.

Cara Merawat Ban Serep

Ban serep yang ada di kolong mobil ini ada baiknya dilakukan pencucian setidaknya satu kali setiap bulannya. Atau memang jika tidak sempat mencuci ban serep, maka kamu bisa meminta tolong di tempat cuci mobil untuk sekalian membersihkan ban serep yang terpasang di kolong mobil.

Ban serep sendiri bisa dicuci dengan menggunakan sabn atau shampoo khusus cuci mobil. Sembari dicuci, angkat dan juga cabun beberapa serpihan batu, besi, hingga kaca yang terselip di kembangan ban serep. Benda-benda kecil yang terselip di kembangan ban ini bisa memicu hal-hal yang tidak diinginkan.

Related Post

Terlebih apabila ban terdapat serpihan besi yang terjebak di kembangan ban, maka ia mampu dengan cepat merobek tapak ban dan juga serat baja. Jangan lupa setelah dibersihkan, langsung keringkan ban dengan lap chamois dan diolesi dengan semir ban.

Fungsi semir ban mobil adalah untuk menjaga elastisitas karet ban agar terus terlihat mengkilap. Sebelum kembali dipasang, ada baiknya cek tekanan angin ban serep. Pastikan tekanan angin sedikit di atas standar yang ditetapkan oleh pabrikan.

Untuk menjaga kualitas ban serep yang disimpan di bagian luar mobil seperti di belakang pintu atau di bawah kolong, maka kamu sebagai pemilik perlu membeli cover ban dan menggunakannya pada saat ban sudah terpasang di tempatnya. Hal ini perlu dilakukan agar ban mobil serep yang ada di bagian luar terhindar dari kotoran yang menempel sehingga mengurangi performa maksimalnya.

Dan itu dia tips dan cara merawat ban serep yang perlu kamu ketahui. Semoga dengan informasi ini bisa bermanfaat untuk kamu semua.

Postingan Terbaru

7 Tips Berkendara Saat Hujan Deras Agar Sampai Tujuan

Saat hujan deras, berkendara merupakan hal yang sangat berisiko tinggi. Hal ini dikarenakan jalanan yang…

26 Oktober 2022

Mobil Kabin Luas Lebih Disukai Para Ibu, Ini 3 Alasannya!

Mobil dengan kabin luas merupakan dambaan dari setiap Ibu-Ibu. Hal ini berbanding terbalik saat kamu…

25 Oktober 2022

Mau Service Mobil? Perhatikan 3 Hal Ini!

Service mobil merupakan kegiatan yang perlu dilakukan oleh setiap pemilik mobil. Tujuannya agar performa mobil…

24 Oktober 2022

Mengenal Water Repellent beserta Fungsinya!

Water repellent merupakan cairan untuk mencegah air menempel pada kaca mobil yang berbentuk seperti daun…

21 Oktober 2022

4 Cara Menghindari Resiko Flat Spot Pada Ban Mobil

Ban mobil merupakan salah satu komponen yang memiliki peran penting dalam menjaga keseimbangan suatu kendaraan.…

20 Oktober 2022

Apa Saja Sih Fungsi Spoiler Mobil?

Fungsi spoiler mobil adalah untuk menambah downforce atau tekanan ke bawah mobil. Hal ini tentu…

19 Oktober 2022