Berita Otomotif

Bahaya Kaki Kiri Menempel di Pedal Kopling Mobil Saat Berkendara

Pedal Kopling Mobil – Banyak pengendara mobil dengan transmisi manual yang masih memiliki kebiasaan buruk dengan memposisikan kaki kirinya di atas pedal kopling pada saat mengemudi. Padahal kebiasaan ini sangatlah tidak disarankan bahkan harus dihindari. Memposisikan kaki kiri di atas pedal kopling akan mempercepat kerusakan pada komponen mobil terutama pada komponen kopling.

Pedal kopling mobil yang tertekan walau hanya dengan sedikit kekuatan tentu akan berimbas pada tenaga yang dirilis oleh kopling. Dilansir melalui beberapa sumber, ketika kaki kiri diletakkan pada pedal kopling akan membuat kopling merilis sekitar 20 persen.

Kondisi ini biasanya terjadi dan dilakukan oleh pengemudi yang masih belajar atau para ibu-ibu, jadi ketika kaki hanya diletakkan pada pedal kopling maka ini akan tetap merilis sekitar 20 persen. Dan bahayanya, ketika kondisi ini terjadi setiap hari dan dalam jangka waktu lama maka akan membuat kopling cepat aus.

Bahaya Kaki Kiri Menempel di Pedal Kopling Mobil

Hal ini dikarenakan kopling bisa menjadi slip saat mesin bergerak dan plat kopling, flywheel, serta cover kopling menyatu. Ketika kaki kiri menginjak pedal kopling selama perjalanan, maka komponen kopling akan tergerus dan tergesek setiap kali mobil digunakan. Dan dalam kondisi normal, kopling akan tergerus hanya pada saat terjadi perpindahan gigi saja.

Related Post

Selain merusak komponen mobil termasuk kopling, dengan memposisikan kaki di atas pedal kopling selama perjalanan juga akan membuat kaki menjadi lebih cepat lelah. Pendeknya usia kopling mobil juga bukan karena hanya kebiasaan meletakkan kaki kiri pada pedal kopling saja, melainkan seringnya memindahkan transmisi juga bisa menyebabkan umur kopling menjadi lebih cepat habis.

Maka dari itu, untuk menjaga performa dan usia kopling yang panjang, ada baiknya kamu sebagai pemilik jangan terlalu sering memindahkan transmisi alias jalan dengan kecepatan stabil. Usia pakai kopling mobil sendiri ketika dalam kondisi normal bisa mencapai 80.000 kilometer, namun ketika kebiasaan buruk ini sering dilakukan maka usianya pun bisa menjadi lebih cepat.

Walaupun memang kondisi menekan setengah kopling ini tidak dilarang, namun ada baiknya jangan dilakukan terlalu sering. Gunakan hal ini hanya dalam kondisi tertentu, sebuh saja seperti melewati tanjakan yang cukup tinggi guna mengantisipasi mobil tidak melorot ke bawah.

Postingan Terbaru

7 Tips Berkendara Saat Hujan Deras Agar Sampai Tujuan

Saat hujan deras, berkendara merupakan hal yang sangat berisiko tinggi. Hal ini dikarenakan jalanan yang…

26 Oktober 2022

Mobil Kabin Luas Lebih Disukai Para Ibu, Ini 3 Alasannya!

Mobil dengan kabin luas merupakan dambaan dari setiap Ibu-Ibu. Hal ini berbanding terbalik saat kamu…

25 Oktober 2022

Mau Service Mobil? Perhatikan 3 Hal Ini!

Service mobil merupakan kegiatan yang perlu dilakukan oleh setiap pemilik mobil. Tujuannya agar performa mobil…

24 Oktober 2022

Mengenal Water Repellent beserta Fungsinya!

Water repellent merupakan cairan untuk mencegah air menempel pada kaca mobil yang berbentuk seperti daun…

21 Oktober 2022

4 Cara Menghindari Resiko Flat Spot Pada Ban Mobil

Ban mobil merupakan salah satu komponen yang memiliki peran penting dalam menjaga keseimbangan suatu kendaraan.…

20 Oktober 2022

Apa Saja Sih Fungsi Spoiler Mobil?

Fungsi spoiler mobil adalah untuk menambah downforce atau tekanan ke bawah mobil. Hal ini tentu…

19 Oktober 2022