Berita Otomotif

Mengenal Jenis-Jenis Sabuk Pengaman pada Mobil

Jenis Sabuk Pengaman – Sabuk pengaman merupakan salah satu fitur keamanan pada mobil yang berguna untuk pengemudi dan penumpang agar posisi duduknya bisa tetap dan bertahan pada saat terjadi tabrakan atau mobil mengerem mendadak.

Sabuk pengeman atau seatbelt ini memang dirancang untuk mengurangi risiko terjadinya luka dengan cara kerjanya yang menahan tubuh pengguna agar tidak terpental dan terbentur di dalam kendaraan. Mungkin kamu sebagai pemilik mobil sudah sangat mengetahui tentang fitur keamanan yang satu ini, dan tentu saja sudah sangat terbiasa untuk menggunakannya saat di perjalanan.

Jenis-Jenis Sabuk Pengaman

Namun, perlu diketahui bersama bahwa sabuk pengaman ini ternyata hadir dengan berbagai jenis dan juga karakter tersendiri. Untuk mengetahui informasi lengkapnya, silakan simak di bawah ini.

1. Sabuk Pengaman Jenis Pangkuan

Sabuk pengaman jenis ini merupakan seatbelt yang bisa disesuaikan dan melintang tepat di atas pangkuan pengguna. Sabuk pengaman ini biasanya hanya ada di mobil-mobil zaman dulu. Untuk mobil keluaran baru memang sudah sangat jarang ditemukan jenis sabuk pengaman yang satu ini. Walau pun memang ada beberapa mobil yang masih menggunakannya untuk penumpang yang duduk di barisan tengah dan belakang.

2. Sabuk Pengaman 2 Titik

Jenis sabuk pengaman ini menggunakan sistem penahan yang bertumbu pada 2 titik seperti halnya sabuk pangkuan ataupun sabuk diagonal. Model ini juga sudah jarang ditemui pada mobil keluaran tahun baru.

Related Post

3. Sabuk Pengaman Tiga Titik

Seatbelt tiga titik adalah jenis sabuk pengaman yang membentuk sebuah jaringan yang berkesinambungan dan dapat menyebarkan energi dari pergerakan tubuh saat terjadi kecelakaan. Sabuk ini menyelimuti bagian dada, selangkangan, hingga bahu. Pada tahun 1980-an, sabuk pengaman tiga titik pada umumnya ada di kursi depan saja. Sementara untuk kursi belakang masih menggunakan sabuk pangkuan.

4. Sabuk Pengaman 4, 5, dan 6 Titik

Secara umum, sabuk pengaman jenis ini sering digunakan oleh mobil balap di arena balap yang dikombinasikan dengan kursi khusus yang biasa disebut sebagai bucket seat. Para pembalap memang diharuskan tetap menempel dengan kursinya agar tidak terlempat pada saat kecelakaan dengan kecepatan tinggi. Selain itu, sabuk pengaman 5 titik juga bisa digunakan untuk kursi khusus bayi dan anak-anak.

5. Sabuk Pengaman Otomatis

Jenis sabuk pengaman otomatis adalah jenis yang bisa dikatakan akan terpasang secara otomatis. Sabuk jenis ini pada umumnya digunakan pada mobil mewah nan lawas di awal 1990-an.

6. Sash

Sabuk pengaman sash ini bisa disesuaikan untuk penggunaannya karena bentuknya yang melintang melewati bahu. Jenis sabuk pengaman ini banyak sekali digunakan pada tahun 1960-an. Dan beberapa tahun silam diketahui bahwa jenis sabuk pengaman ini mudah terlepas apabila terjadi sebuah kecelakaan sehingga tingkat popularitasnya mulai berkurang.

7. Sabuk Pengaman Kombinasi Pangkuan dan Sash

Kombinasi antara sabuk pengaman pangkuan dan sash ini diyakini dapat meningkatkan kemanan saat berkendara. Jenis ini sangat banyak digunakan pada mobil di era 1960-an sampai 1970-an, dan peletakannya pun ada pada bagian kursi belakang kendaraan.

Dan itu dia jenis-jenis sabuk pengaman yang perlu kamu ketahui, dengan adanya sabuk pengaman ini tentu saja sektor keamanan saat berkendara akan terjamin. Jangan lupa untuk selalu mengenakkan sabuk pengaman, jangan pernah menyepelekan hal kecil yah. Semoga bermanfaat.

Postingan Terbaru

7 Tips Berkendara Saat Hujan Deras Agar Sampai Tujuan

Saat hujan deras, berkendara merupakan hal yang sangat berisiko tinggi. Hal ini dikarenakan jalanan yang…

26 Oktober 2022

Mobil Kabin Luas Lebih Disukai Para Ibu, Ini 3 Alasannya!

Mobil dengan kabin luas merupakan dambaan dari setiap Ibu-Ibu. Hal ini berbanding terbalik saat kamu…

25 Oktober 2022

Mau Service Mobil? Perhatikan 3 Hal Ini!

Service mobil merupakan kegiatan yang perlu dilakukan oleh setiap pemilik mobil. Tujuannya agar performa mobil…

24 Oktober 2022

Mengenal Water Repellent beserta Fungsinya!

Water repellent merupakan cairan untuk mencegah air menempel pada kaca mobil yang berbentuk seperti daun…

21 Oktober 2022

4 Cara Menghindari Resiko Flat Spot Pada Ban Mobil

Ban mobil merupakan salah satu komponen yang memiliki peran penting dalam menjaga keseimbangan suatu kendaraan.…

20 Oktober 2022

Apa Saja Sih Fungsi Spoiler Mobil?

Fungsi spoiler mobil adalah untuk menambah downforce atau tekanan ke bawah mobil. Hal ini tentu…

19 Oktober 2022