Berita Otomotif

Penyebab Knalpot Bocor Pada Mobil dan Dampaknya

Penyebab Knalpot Bocor – Knalpot adalah salah satu komponen yang ada di mobil yang berfungsi untuk mengeluarkan gas buang mobil. Perlu diketahui juga, knalpot mobil cukup memengaruhi besarnya tenaga mobil yang dihasilkan. Jadi, ketika knalpot mobil bermasalah seperti kebocoran maka akan membuat mesin mobil menjadi kurang bertenaga.

Penyebab Knalpot Bocor

Untuk meminimalisir terjadinya knalpot bocor, kamu perlu mengetahui beberapa hal yang bisa menyebabkan knalpot mobil bocor. Berikut di bawah ini beberapa penyebabnya:

1. Masa Pakai Knalpot

Hampir semua komponen pada sebuah mobil pasti memiliki batas masa pakainya. Tak terkecuali knalpot mobil yang memiliki batas pemakaian berdasarkan kualitas knalpotnya. Umumnya knalpot yang memiliki kualitas baik akan memiliki usia pakai yang lebih panjang dibandingkan kualitas yang kurang baik.

2. Terjadi Korosi di Knalpot

Knalpot sendiri diproduksi dengan bahan material besi, sehingga terjadinya korosi pada knalpot sangat memungkinkan. Korosi knalpot biasanya disebabkan karena adanya reaksi kimia dari emisi gas buang mesin. Terlebih apabila terjadi kebocoran oli mesin ke knalpot dan juga jarang dibersihkan, hal tersebut pasti akan membuat knalpot menjadi mudah terkena korosi.

3. Terkena Batu

Posisi knalpot yang ada di bawah mobil juga rentan akan terkena lontaran batu. Biasanya hal ini terjadi ketika mobil kamu sedang melaju di jalan berbatu atau berpasir.

Related Post

Dampak Knalpot Bocor

Ketika knalpot mobil mengalami kebocoran, tentu saja hal tersebut akan berpengaruh kepada mobil kamu. Untuk itu kamu perlu mengetahu dampak dari knalpot mobil yang mengalami kebocoran di bawah ini.

1. Berkurangnya Tenaga

Knalpot bocor sendiri akan membuat tenaga mobil menjadi berkurang. Kondisi ini akan semakin buruk apabila kebocoran pada knalpot tidak segera diperbaiki. Selain itu, konsumsi bahan bakar juga bisa menjadi lebih boros dari sebelumnya. Hal ini terjadi karena knalpot yang bocor membuat mesin tidak beranjak dari putaran rpm yang rendah.

2. Mesin Mobil Berisik

Ketika knalpot mobil kamu mengalami kebocoran, pasti akan muncul bunyi berisik dari bagian bawah mobil. Awalnya memang tidak terlalu keras, tapi jika tidak segera diperiksa atau diperbaiki bisa semakin keras dan membuat tidak nyaman.

3. Bau Menyengat Masuk ke Dalam Kabin

Bau menyengat yang masuk ke dalam mobil bisa menjadi salah satu tanda bahwa knalpot mobil kamu mengalami kebocoran. Bau asap pembuangan yang masuk ke kabin cukup berbahaya untuk kesehatan. Asap pembuangan yang terus menerus terhirup akan menyebabkan kematian.

Postingan Terbaru

7 Tips Berkendara Saat Hujan Deras Agar Sampai Tujuan

Saat hujan deras, berkendara merupakan hal yang sangat berisiko tinggi. Hal ini dikarenakan jalanan yang…

26 Oktober 2022

Mobil Kabin Luas Lebih Disukai Para Ibu, Ini 3 Alasannya!

Mobil dengan kabin luas merupakan dambaan dari setiap Ibu-Ibu. Hal ini berbanding terbalik saat kamu…

25 Oktober 2022

Mau Service Mobil? Perhatikan 3 Hal Ini!

Service mobil merupakan kegiatan yang perlu dilakukan oleh setiap pemilik mobil. Tujuannya agar performa mobil…

24 Oktober 2022

Mengenal Water Repellent beserta Fungsinya!

Water repellent merupakan cairan untuk mencegah air menempel pada kaca mobil yang berbentuk seperti daun…

21 Oktober 2022

4 Cara Menghindari Resiko Flat Spot Pada Ban Mobil

Ban mobil merupakan salah satu komponen yang memiliki peran penting dalam menjaga keseimbangan suatu kendaraan.…

20 Oktober 2022

Apa Saja Sih Fungsi Spoiler Mobil?

Fungsi spoiler mobil adalah untuk menambah downforce atau tekanan ke bawah mobil. Hal ini tentu…

19 Oktober 2022