Berita Otomotif

Perbedaan Jalan Aspal dan Beton

Perbedaan Jalan Aspal dan Beton – Jalan raya yang ada saat ini memang dibangun dengan tujuan mempermudah mobilitas lalu lintas kendaraan dan juga manusia. Jalan sendiri merupakan fasilitas yang sangat penting dan harus ada karena memang kendaraan darat akan sangat membutuhkan ketersediaan jalan sebagai akses utama menuju tempat tujuan.

Akses jalan yang baik tentu saja menjadi investasi ekonomi untuk negara karena lalu lintas perdagangan darat akan selalu ada setiap harinya. Dengan begitu, roda ekonomi pun akan selalu berputar. Itulah pentingnya membangun sebuah jalan yang berkualitas agar tahan lama dan juga tidak mudah mengalami kerusakan.

Baca Juga: Penyebab Ban Mobil Kempes

Tujuan Pembuatan Jalan Aspal dan Beton

Pembangunan jalan yang ada di Indonesia sendiri pada umumnya terbuat dari aspal dan juga beton. Pemilihan bahan dasar proyek pembangunan jalan aspal dan juga beton ini disesuaikan dengan tujuan dari jalan tersebut dibuat. Apakah jalan ini untuk dilewati masyarakat dengan kendaraan berbobot ringan, atau harus dilewati oleh kendaraan dengan muatan berat.

Lalu lintas kendaraan yang memuat bawaan berat biasanya memiliki jumlah roda yang cukup banyak, jenis kendaraan seperti ini biasanya membutuhkan struktur jalan yang mumpuni. Ketika jalan yang dilewati tidak kokoh pada saat dilalui, maka jalan pun akan mudah rusak. Nah, ketika jalan yang terbuat dari aspal dan beton rusak hingga bolong, hal ini tentu akan menghambat lalu lintas sepanjang jalan.

Related Post

Baca Juga: Velg Mobil Terbaik untuk Upgrade Tampilan

Perbedaan Jalan Aspal dan Beton

Perbedaan jalan aspal dan beton sendiri bisa dilihat dari campuran yang digunakan. Untuk jalan aspal sendiri terbuat dari adukan aspal, sedangkan jalan beton terbuat dari campuran material beton. Selain itu, kamu juga bisa melihat perbedaan jalan aspal dan beton dari daya tahannya. Jalan beton memiliki ketahanan lebih terhadap air dan kendaraan dengan muatan berat, sedangkan jalan aspal hanya cocok untuk dilewati kendaraan ringan yang digunakan masyarakat sehari-hari.

Kelebihan dan Kekurangan Jalan Beton

Kelebihan Jalan Beton

  • Dapat menopang beban dari kendaraan bermuatan berat
  • Lebih tahan banjir dan juga genangan air
  • Sebuah investasi awal yang menjanjikan karena pemeliharaannya jarang dilakukan
  • Material mudah didapatkan
  • Bisa digunakan untuk berbagai macam struktur tanah tanpa harus memperbaiki struktur tanah diawal.

Kekurangan Jalan Beton

  • Harga mahal karena biaya konstruksi jalan beton ditujukan untuk kendaraan bermuatan besar hingga harus menghasilkan jalan dengan kualitas baik
  • Warna beton yang monoton menjadikan aura sepanjang jalan menjadi gersang dan tidak ada penanda. Hal ini tentu berakibat pengemudi harus lebih waspada pada saat melewatinya
  • Ketika jalan beton rusak, maka biaya pemeliharaannya cukup tinggi dan perlu waktu yang lama. Selain itu tingkat elevasi jalan akan mengalami peningkatan karena penumpukan pada saat perbaikan dilakukan.

Baca Juga: Cara Mengatasi Ban Mobil Rusak

Kelebihan dan Kekurangan Jalan Aspal

Nah itu dia kelebihan dan kekurangan jalan beton, selanjutnya kita akan membahas kelebihan dan kekurangan jalan aspal. Simak ulasan lengkapnya di bawah ini.

Kelebihan Jalan Aspal

  • Jalan aspal sangat cocok untuk digunakan sebagai jalur mobilitas kendaraan tingan
  • Harga konstruksi jalan aspal lebih murah dibandingkan jalan beton
  • Apabila terjadi kerusakan, maka hanya perlu memperbaiki yang rusaknya saja tanpa perlu memengaruhi elevasi tingkat jalan.
  • Struktur jalan aspal lebih halus dan tidak menimbulkan kesan monoton karena warna hitam yang tergantung pada aspal terbukti bisa memberi kesan teduh pada pengendara (secara psikologis).

Kekurangan Jalan Aspal

  • Tidak tahan terhadap banjir dan juga genangan air sehingga perlu memiliki saluran drainase di samping jalan untuk mengalirkan air yang menggenang di jalan aspal
  • Jenis tanah yang ingin digunakan sebagai jalan aspal harus diratakan atau diperbaiki terlebih dahulu, dan tentu membutuhkan waktu lebih lama
  • Walau pun jalan aspal memili harga yang murah, namun untuk pemeliharaannya akan sering dilakukan karena seperti yang dibahas sebelumnya bahwa ketahanan jalan aspal tidak sekuat jalan beton.

Dan itu dia informasi lengkap mengenai perbedaan jalan aspal dan beton. Semoga bermanfaat.

Postingan Terbaru

7 Tips Berkendara Saat Hujan Deras Agar Sampai Tujuan

Saat hujan deras, berkendara merupakan hal yang sangat berisiko tinggi. Hal ini dikarenakan jalanan yang…

26 Oktober 2022

Mobil Kabin Luas Lebih Disukai Para Ibu, Ini 3 Alasannya!

Mobil dengan kabin luas merupakan dambaan dari setiap Ibu-Ibu. Hal ini berbanding terbalik saat kamu…

25 Oktober 2022

Mau Service Mobil? Perhatikan 3 Hal Ini!

Service mobil merupakan kegiatan yang perlu dilakukan oleh setiap pemilik mobil. Tujuannya agar performa mobil…

24 Oktober 2022

Mengenal Water Repellent beserta Fungsinya!

Water repellent merupakan cairan untuk mencegah air menempel pada kaca mobil yang berbentuk seperti daun…

21 Oktober 2022

4 Cara Menghindari Resiko Flat Spot Pada Ban Mobil

Ban mobil merupakan salah satu komponen yang memiliki peran penting dalam menjaga keseimbangan suatu kendaraan.…

20 Oktober 2022

Apa Saja Sih Fungsi Spoiler Mobil?

Fungsi spoiler mobil adalah untuk menambah downforce atau tekanan ke bawah mobil. Hal ini tentu…

19 Oktober 2022