Tip Otomotif

3 Tips Memilih Jok Mobil Berkualitas dan Nyaman

Tips Memilih Jok Mobil – Sebagai pemilik mobil, kamu pasti ingin memiliki kendaraan yang sangat nyaman dari berbagai sisi pada saat dikendarai. Salah satu komponen interior yang tak lepas dari sisi kenyamanan adalah jok mobil. Pemilihan jok mobil yang nyaman sangat penting terutama bagi pengendara atau penumpang yang sering melewati kemacetan lalu lintas padat hingga berjam-jam.

Melihat semua kondisi tersebut, tentu saja menjadi hal wajib untuk memilih bahan pelapis jok yang digunakan. Untuk mengetahui bagaimana cara memilih jok mobil yang nyaman, silakan simak informasi selengkapnya berikut ini.

Tips Memilih Jok Mobil Berkualitas

1. Perhatikan Bahan Jok Mobil

Jok Mobil dibuat dengan berbagai macam material. Namun pada umumnya jok mobil dibuat dari bahan pelapis kulit, semi kulit, nilon, dan juga vinyl. Lalu, bahan manakah yang paling baik?

Baca Juga: 5 Bahan Jok Mobil Terbaik

Untuk bahan kulit sendiri banyak dianggap sebagai bahan jok mobil berkualitas dan bermutu di antara bahan-bahan lainnya. Selain nyaman, desain dari jok kulit sendiri terlihat mewah dan memanjakan mata. Namun dari segi harga dan perawatan, bahan jok mobil kulit membutuhkan biaya ekstra yang cukup mahal.

Selanjutnya ada bahan semi kulit, bahan ini memiliki kelebihan yang tahan terhadap suhu panas. Bahan jok mobil yang satu ini juga mampu menyerap panas sehingga tidak perlu khawatir apabila memarkirkan mobil di tempat yang terik sekali pun. Untuk harganya sendiri masih bisa dibilang cukup terjangkau.

Kemudian untuk bahan nilon banyak yang berpendapat kualitasnya hampir sama dengan bahan kulit. Bahkan bahan ini cenderung lebih kuat dan juga tahan lama. Dari segi harga pun bahan ini jauh lebih murah dibandingkan dengan bahan kulit. Namun memang permukaan bahan ini memiliki pori-pori dengan diameter yang cukup besar sehingga akan mudah kotor, jadi perlu perawatan ekstra dan rutin untuk membersihkan kotorannya.

Related Post

Terakhir ada bahan pelapis vinyl yang cocok untuk digunakan bagi seseorang yang sangat sibuk sehingga tidak memiliki waktu untuk melakukan perawatan jok. Jok mobil dengan bahan vinyl lebih mudah dibersihkan, tidak ribet, dan juga tidak terlalu mahal dalam hal perawatannya. Namun sayang, bahan ini adalah bahan yang mampu menyerap panas dengan baik sehingga berpotensi untuk mengurangi kenyamanan saat berkendara.

2. Gunakan Pelapis Jok

Setelah bahan jok mobil sudah ditentukan, maka selanjutnya jangan lupa untuk menambahkan pelapis jok agar tidak mudah kotor. Ada beberapa sistem pemasangan pelapis pada jok mobil, mulai dari Auto Seat Cover, Paten, dan juga semi paten.

Baca Juga : 5 Jenis Jok Mobil Paling Populer

Untuk cara Auto Seat Cover sendiri kamu tidak perlu ribet-ribet membongkar jok mobil karena prinsipnya hanya melapisi jok dengan sarung karet. Lalu untuk cara paten adalah cara yang mengharuskan pembongkaran keseluruhan jok. Cara yang satu ini adalah mengganti jok dengan jok kustom.

Selanjutnya ada sistem semi paten yang tidak seribet seperti sistem paten yang harus membongkar keseluruhan jok. Sistem kerja semi paten sendiri hanya melapisi jok lama dengan sarung yang baruu.

3. Pilih Sesuai Dengan Kebutuhan

Dalam memilih jok mobil memang perlu sekali memahami kelebihan dan kekurangan bahan jok mobil yang ada saat ini. Jika sudah paham semua bahan, maka kamu hanya perlu memilih yang sesuai dengan kebutuhan dan juga kantong. Jangan lupa lengkapi dengan cara pemasangan yang betul dan juga pas.

Jika semuanya sudah yakin, maka kamu hanya perlu menentukan warna pelapis jok. Jangan lupa juga untuk memilih merk yang berkualitas dan produsen terpercaya. Kedua hal tersebut bisa membantu kamu dalam hal mengemat biaya perawatan ke depannya.

Dan itu Tips Memilih Jok Mobil yang perlu kamu ketahui agar mendapatkan rasa nyaman yang maksimal selama berkendara menggunakan mobil kesayangan. Semoga bermanfaat.

Postingan Terbaru

7 Tips Berkendara Saat Hujan Deras Agar Sampai Tujuan

Saat hujan deras, berkendara merupakan hal yang sangat berisiko tinggi. Hal ini dikarenakan jalanan yang…

26 Oktober 2022

Mobil Kabin Luas Lebih Disukai Para Ibu, Ini 3 Alasannya!

Mobil dengan kabin luas merupakan dambaan dari setiap Ibu-Ibu. Hal ini berbanding terbalik saat kamu…

25 Oktober 2022

Mau Service Mobil? Perhatikan 3 Hal Ini!

Service mobil merupakan kegiatan yang perlu dilakukan oleh setiap pemilik mobil. Tujuannya agar performa mobil…

24 Oktober 2022

Mengenal Water Repellent beserta Fungsinya!

Water repellent merupakan cairan untuk mencegah air menempel pada kaca mobil yang berbentuk seperti daun…

21 Oktober 2022

4 Cara Menghindari Resiko Flat Spot Pada Ban Mobil

Ban mobil merupakan salah satu komponen yang memiliki peran penting dalam menjaga keseimbangan suatu kendaraan.…

20 Oktober 2022

Apa Saja Sih Fungsi Spoiler Mobil?

Fungsi spoiler mobil adalah untuk menambah downforce atau tekanan ke bawah mobil. Hal ini tentu…

19 Oktober 2022