Tip Otomotif

Anak Di Dalam Mobil Sendirian? Emang Berbahaya?

Meninggalkan anak sendirian di dalam mobil sering kali dilakukan oleh para orang tua. Dengan alasan bahwa hanya sebentar saja ataupun alasan yang lain. Meskipun hanya sebentar saja namun meninggalkan buah hatinya di dalam mobil sangat berbahaya loh sobat bursa!

Apa saja sih bahaya dari meninggalkan anak di dalam mobil sendirian? Berikut ini ulasan mengenai bahayanya meninggalkan anak di mobil sendirian. Simak saja selesai ya sobat bursa!

Baca Juga: 5 Jenis Jok Mobil yang Perlu Diketahui

1. Keracunan Gas Buangan Mobil

Ketika kamu meninggalkan anakmu di mobil sendirian, otomatis kamu akan menyalakan AC mobil dan mengguncinya dari luar. Hal itu ternyata sangat berbahaya guyss. Kenapa bisa berbahaya?

Karena ketika kamu menyalakan AC mobil dengan tujuan agar kabin mobil sejuk namun ada masalah lain, yaitu sang buah hatimu dapat keracunan gas buang mobil karbon monoksida (CO) yag tidak dapat dilihat secara kasat mata dan tidak meninggalkan bau. Saat mobil dalam keadaan tertutup maka CO tidak bisa keluar dan bisa meracuni orang yang berada di mobil.

Gejala jika anak keracuan gas buang mobil, yaitu badan anak kamu akan terasa lemas, mudah mengantuk, sakit kepala, mual, muntah, dada sesak, dan bisa menyebabkan pingsan. Hal ini tentu sangat membahayakan bagi kesehatan anakmu bukan ? kabar terburuknya lagi bahwa keracunan gas buang pada mobil sulit untuk dihindari.

2. Mengakibatkan Dehidrasi

Ketika cuaca sedang panas dan kamu meninggalkan anakmu sendirian di dalam mobil dengan alasan agar anakmu tidak kepanasan. Sebetulnya lebih baik membawa anaknya daripada harus meninggalkannya sendirian di mobil karena anak akan merasa kepanasan yang bisa mendorong terjadinya dehidrasi.

Related Post

Pada umumnya saat memarkir mobil tanpa menyalakan AC dan mesin mobil dapat menyebabkan suhu kabin meningkat yang bisa mengakibatkan anak menjadi kepanasan dan dehidrasi. Selain itu, suhu tubuh anak belum mampu mendinginkan tubuh layaknya seperti orang dewasa.

Apalagi jika kamu memarkirkannya di tempat yang sangat panas maka bisa mengakibatkan heat stroke yang bisa menyebabkan kejang-kejang, mual, stroke, kematian meskipun kamu telah membuka jendela mobil tersebut.

3. Anak Akan Mencoba-coba Fitur Yang Ada di Mobil

Selain dua alasan di atas, meninggalkan anak sendirian bisa membuat anak mencoba-coba fitur yang ada di dalamnya. Hal ini tentu bisa membahayakan nyawa anakmu tersebut. Ketika mesin masih tetap hidup dan tiba-tiba anakmu mencoba memaikan tuas transmisi dan pedal gas maka akan mobil akan membuat mobil berjalan. Hal ini tentu yang sangat dikhawatirkan bukan?

4. Dapat Memicu Terjadinya Kriminal

Bayangkan saja jika anakmu sendirian di dalam mobil dan tiba-tiba ada penculik anak yang sedang berkeliaran mencari anak-anak. Otomotasi saat dia melihat anakmu sendirian di dalam monil maka dia akan berusaha untuk menculiknya.

5. Bisa Mengakibatkan Terjepit Dengan Jendela

Pada umumnya anak suka mengexplore benda-benda yang berada di sekitarnya. Di bagian dalam mobil terdapat tombol jendela yang mana anak akan mencoba memaikan tombol tersebut karena anak menganggap bahwa permainan itu merupakan permainan yang menyenangkan. Hal ini tentunya bisa membuat tangan anak kamu kejepit jendela mobilmu.

Nah itu dia sobat bursa, alasan mengapa tidak boleh meninggalkan anak sendirian di dalam mobil.

Baca Juga: 3 Tips Memilih Jok Mobil Berkualitas dan Nyaman

 

Postingan Terbaru

7 Tips Berkendara Saat Hujan Deras Agar Sampai Tujuan

Saat hujan deras, berkendara merupakan hal yang sangat berisiko tinggi. Hal ini dikarenakan jalanan yang…

26 Oktober 2022

Mobil Kabin Luas Lebih Disukai Para Ibu, Ini 3 Alasannya!

Mobil dengan kabin luas merupakan dambaan dari setiap Ibu-Ibu. Hal ini berbanding terbalik saat kamu…

25 Oktober 2022

Mau Service Mobil? Perhatikan 3 Hal Ini!

Service mobil merupakan kegiatan yang perlu dilakukan oleh setiap pemilik mobil. Tujuannya agar performa mobil…

24 Oktober 2022

Mengenal Water Repellent beserta Fungsinya!

Water repellent merupakan cairan untuk mencegah air menempel pada kaca mobil yang berbentuk seperti daun…

21 Oktober 2022

4 Cara Menghindari Resiko Flat Spot Pada Ban Mobil

Ban mobil merupakan salah satu komponen yang memiliki peran penting dalam menjaga keseimbangan suatu kendaraan.…

20 Oktober 2022

Apa Saja Sih Fungsi Spoiler Mobil?

Fungsi spoiler mobil adalah untuk menambah downforce atau tekanan ke bawah mobil. Hal ini tentu…

19 Oktober 2022