Tip Otomotif

Tips Membeli Mobil Bekas Tanpa Takut Zonk

Tips Membeli Mobil Bekas – Saat ini memang tak sedikit masyarakat Indonesia yang cukup tertarik untuk membeli mobil bekas sebagai kendaraan harian. Karena memang untuk membeli mobil baru ini perlu biaya yang cukup besar, maka dari itu mobil bekas menjadi pilihan terbaik. Terlebih di masa pandemi seperti saat ini.

Namun, saat ingin membeli mobil bekas, kamu perlu mengetahui cara memilih mobil bekas yang masih dalam kondisi bagus dan juga berkualitas. Setidaknya terdapat beberapa tips yang bisa kamu lakukan pada saat ingin membeli mobil bekas.

Tips Membeli Mobil Bekas

Jangan Fokus Kilometer

Banyak orang yang melakukan pembelian kendaraan hanya fokus terhadap jumlah kilometer kendaraan tersebut. Padahal, cara ini tidak sepenuhnya benar. Mobil dengan kilometer rendah namun tidak dirawat dengan baik maka akan lebih rentan bermasalah, berbeda dengan mobil kilometer tinggi namun tetap rapi dan terawat.

Jadi, jangan terlalu fokus dengan jumlah kilometer. Yang harus diprioritaskan adalah kondisi kendaraan itu sendiri selama digunakan.

Jangan Tergiur Harga Murah

Cara terbaik pada saat ingin membeli mobil bekas adalah jangan pernah tergiur untuk membeli mobil dengan murah jauh dari harga pasaran. Kalau pun tetap ingin membelinya, kamu perlu melakukan pemeriksaan secara teliti dan juga hati-hati.

Related Post

Lakukan Test Drive

Sebelum melakukan pembelian mobil, ada baiknya kamu meminta untuk melakukan test drive terlebih dahulu. Test drive ini sendiri berfungsi untuk memastikan kondisi mobil pada saat digunakan dari sisi fitur, performa, dan yang lain sebagainya.

Cek Surat-Surat

Hal penting selanjutnya sebelum membeli mobil bekas adalah harus mengecek kelengkapan surat-surat kendaraan. Dokumen kendaraan seperti STNK, BPKB, hingga faktur penjualan harus ada.

Cek Fisik Kendaraan

Berpindah ke fisik kendaraan, kamu perlu melakukan pengecekan dari sisi eksterior mobil. Apakah mobil tersebut bekas kecelakaan atau tidak, kamu perlu memastikannya. Pertama silakan cek sealer pintu, cek juga pilar mobil, jangan lupa cek juga bgaian kolong apakah terdapat bekas goresan atau tidak.

Selain itu, area mesin dan area kaki-kaki seperti shockbreaker, kampas rem, dan ban, serta kondisi cat pada bodi mobil juga jangan sampai luput dari pemeriksaan.

Cek Interior Mobil

Mengecek bagian dalam mobil atau interior sebelum membeli kendaraan adalah hal yang cukup penting. Kamu sebagai calon pembeli perlu melakukan pengecekan pada kabin mobil. Jika di dalam mobil muncul bau tidak sedap, maka bisa jadi mobil tersebut pernah terendam banjir.

Dan itu dia beberapa tips membeli mobil bekas yang perlu diketahui. Pastikan untuk melakukan pemeriksaan secara benar agar saat membeli mobil tidak mendapatkan zonk. Semoga bermanfaat.

Postingan Terbaru

7 Tips Berkendara Saat Hujan Deras Agar Sampai Tujuan

Saat hujan deras, berkendara merupakan hal yang sangat berisiko tinggi. Hal ini dikarenakan jalanan yang…

26 Oktober 2022

Mobil Kabin Luas Lebih Disukai Para Ibu, Ini 3 Alasannya!

Mobil dengan kabin luas merupakan dambaan dari setiap Ibu-Ibu. Hal ini berbanding terbalik saat kamu…

25 Oktober 2022

Mau Service Mobil? Perhatikan 3 Hal Ini!

Service mobil merupakan kegiatan yang perlu dilakukan oleh setiap pemilik mobil. Tujuannya agar performa mobil…

24 Oktober 2022

Mengenal Water Repellent beserta Fungsinya!

Water repellent merupakan cairan untuk mencegah air menempel pada kaca mobil yang berbentuk seperti daun…

21 Oktober 2022

4 Cara Menghindari Resiko Flat Spot Pada Ban Mobil

Ban mobil merupakan salah satu komponen yang memiliki peran penting dalam menjaga keseimbangan suatu kendaraan.…

20 Oktober 2022

Apa Saja Sih Fungsi Spoiler Mobil?

Fungsi spoiler mobil adalah untuk menambah downforce atau tekanan ke bawah mobil. Hal ini tentu…

19 Oktober 2022